Jumat, 24 Januari 2014

Dibalik sebuah persahabatan tanpa nama: Kisah S9mbilan Kepompong

“The real test of friendship is: can you literally do nothing with the other person? Can you enjoy those moments of life that are utterly simple?"

Masa-masa sekolah telah berlalu tanpa aku sadari. Kini aku memasuki dimensi baru dalam hidupku. Masih tentang mereka yang selalu menoleh ke arahku ketika langkahku tak secepat biasanya dan mereka yang dengan setia menungguku ketika aku terlalu sibuk dengan duniaku..     Mereka adalah sahabat-sahabat terbaikku. Mereka yang hampir setiap hari bertemu denganku tapi tak pernah bosan menyapaku..

Lima semester berlalu. Itu berarti sudah 30 bulan atau 900 hari dan kurang lebih 21.600 jam waktu yang telah kita lalui bersama..dan akan terus bertambah. Maaf jika aku tidak pandai berhitung. Waktu 5 semester mungkin belum terlalu lama, namun bersama mereka... bertindak bodoh bersama dan menertawai satu sama lain yang membuatku merasa sudah mengenal mereka sejak lama.

Aku pernah mengatakan bahwa nama atau sebutan apapun tidak lebih penting dari makna persahabatannya. Ini terbukti. Kami tidak memiliki sebutan apapun seperti This Is NS! atau This is Kepo (more) Kepo. Tapi tak mungkin tulisan ini tak berjudul bukan? Akhirnya terbesit nama S9mbilan Kepompong. Karena kita yakin suatu saat kita akan menjadi kupu-kupu yang indah...bersama-sama. Tanpa nama atau sebutan, tak berarti persahabatan ini bukan apa-apa. Karena yang kita tau persahabatan adalah seni untuk saling menghargai...
Lalu pertanyaannya..Siapa MEREKA???


TIKA AYU PUSPITA WATI @tikaayupw


Tua itu pasti, Dewasa itu pilihan. Sepertinya kalimat itu cocok untuk doi. Member paling muda ini bernama TIKA. Walaupun usianya paling muda diantara yang lain tapi dewasa adalah pilihan untuknya... karena Tika punya dua adik. Otomatis sebagai kakak harus dewasa dong yaa... *dewasa paling enggak buat adik-adiknya* Tapi sebagai kakak, Tika adalah tipe kakak yang sayang sama adik-adiknya.
Balik lagi ke Tika.. SETUJU kalau dibilang doi ini pinter banget itung-itungan. Emm maksud saya mata-kuliah-berhitung, dia jago! Semoga resolusi Tika di semester ini adalah memperbanyak buku tulisnya HAHA. Tika, terimakasih karena sering nemenin ke limuny, parkiran tampan, fotokopian, jagong manten anaknya sri sultan, partner gebleki nyamuk di GE.3, partner curhat di kelas sampe ditegur dosen dan beberapa kegiatan gak penting dan tidak masuk akal lainnya :”) 3 kata yang menggambarkan TIKA adalah SMART, KIND and EASY GOING.


TRI SURYANINGRUM @triisurya

Sampai di member paling polos, UYA. Kenapa polos? Padahal motifnya kembang-kembang gitu? hahaha. Karena kepolosan dan kelamaan mikirnya, Uya sering banget kena bully. Kalau kita ada award, mungkin doi dapet nominasi orang paling sering dibully :D Beruntungnya kita, Uya selalu sabar, gak pernah marah dan selalu tersenyum menerima bullian yang kita lemparkan. Oiya, Uya ini sayang banget sama binatang. Apa-apa pengen dipelihara, macem ular sama macan aja juga pengen dia pelihara di rumah. Uya. terimakasih atas semua film horor yang selalu disetor ke aku, jadi partner nugas di limuny, ngobrak-abrik perpus sampe dimarahin petugas, kompakan beli buku dan bangga gak punya buku, paling konsisten manggil aku “ain”, dan aku selalu komen gak jelas setiap kamu copotin brosur-brosur kampus :”) Well, 3 kata yang menggambarkan UYA adalah PATIENT, SINCERE and INNOCENT.


FATMA USFATUN NISAK @fatmanisak

Member yang satu ini bernama FATMA. Ngomongin kebiasaanya di kampus, doi ini paling rajin ngerjain PR. Kita juga rajin dong...nyalin PR yang udah doi kerjain. Hahaha. Awal kenal sama Fatma di Masjid kampus itu...weird banget asli. Doi asli Kulon Progo, satu kos sama dua member lain yang masih dirahasiain. Pokonya di kosnya inilah kita banyak menghabiskan waktu. Nyampe kosnya pindah juga masih kita buntutin buat basecamp. Sebagai kakak, doi sayang banget loh sama adiknya.. dan kalkulatornya. Sampe akrab banget tuh sama kalkulator. Fatma, terimakasih atas basecamp gratisnya, oleh-oleh dari Kulon Progo, sabar jadi tentor di setiap mata kuliah yang kita enggak ngerti, selalu nawarin fotokopian dan jadi master perjilidan, atas obrolan gak jelas dan konsistensi bahasa sms yang apapun kondisinya pasti ujungnya ada kata “haha” :”) Well, 3 Kata yang menggambarkan FATMA adalah DILIGENT, CLEVER and CARE.


SANY MAYA RACHMATIKA @sany_maya

Sahabat aku yang satu ini namanya MAYA. Buat yang ngefans sama Endank Soekamti. Apa aja deh topik yang berkaitan sama EnSu tanya aja sama Maya, doi jagonya! Karena alasan yang mungkin sama: (tidak bersahabat dengan angka dan tidak menyayangi kalkulator) Maya memilih untuk menjadi bagian dari M.SDM. Akibat rutinitas kuliah yang bikin suntuk, doi hobi banget ngeluangin waktunya tiap Rabu buat nonton acara stand-up comedy di kampus. Kayanya acara mingguan ini udah masuk di list rutinitas wajibnya Maya hahaha. Maya adalah salah satu mahasiswa paling aktif di kampus dibanding kita, misalnya: doi paling sering ikut kepanitian, dateng ke acara” kampus, dan pokoknya mahasiswa kupu-kupu KW super lah! Maya, terimakasih udah selalu tanya dan ngabarin tentang tugas, sms kalau ada dosen dan kalau kelas libur, nemenin jadi panitia peragaan busana, selalu ngajakin nonton stand up walaupun aku gapernah mau tapi tetep ditawarin :”) 3 Kata yang menggambarkan MAYA adalah BRAVE, FRIENDLY and INDEPENDENT.


MEITHA YUSVITA @mita_cik

Jangan sampai salah liat ya... yang berbulu itu bukan MEITHA tapi kucing kesayangannya mehehe. Dari fotonya bisa diliat kalau doi sayang sama binatang. Dan kucingnya emang lucu asli hahaha. Meitha ini situasional banget, kalau dia becanda ya bisa gila. Tapi waktu dia serius ya tegasss. Sepertinya semester 5 adalah semester penuh tugas buat doi, dan dukungan kita selalu mengiringinya dongg. Mahasiswi yang saat ini koleksi buku-buku kuliah yang tebel dan bilingual ini selalu rajin update tugas-tugas dan PR. Semua tugas dicatat di Note mini bergambar angry bird yang gak pernah jauh dari tangannya. Selain disiplin, Meitha juga gak pernah nunda-nunda pekerjaanya. Selalu ontime dan terjadwal, kaya angry birdnya. Meitha, terimakasih atas segala saran dan nasehat yang kau beri, segala macem cemilan yang setia menemani di kala nobar film di kosan, tugas yang selalu ready difotokopi, setia nemenin jadi guide di sepanjang kasongan :”) 3 Kata yang menggambarkan MEITHA adalah DISCIPLINE, EMPHATIC and COMMITMENT.


RESTI DARA AYU APRILIA @restidaraayu1

Member yang punya nama panjang yang panjang banget ini nama pendeknya RESTI. Arek Kediri yang sekarang menetap di Jogja untuk menuntut ilmu ini punya segudang cara buat ngebetah-betahin dirinya di Jogja saat home-sick melanda dirinya. Soalnya kalau udah home-sick.. kumat deh galaunya. Bisa tuh doi diem sepanjang hari. Tau deh pikirannya dimana..mungkin udah nyampe Kediri duluan hihihi. Terlepas dari hobinya jajan di Indo*sensor* Resti aslinya jago masak loh. Kalau di truk biasanya ada tulisan “jaga jarak”.. perlu diketahui kalau doi lagi pengen mertapa, mendadak pasti di punggunya muncul tulisan “awas jaga jarak, lagi pengen sendiri” :p Resti, terimakasih sudah menjadi orang yang selalu nemenin santai gak ngerjain PR, ribet-ribetnya ngejar deadline, bingung-bingungnya nyari jawaban tugas, ngeshare segala info; foto; atau apapun ke aku dan jadi frenemies dan partner ribut yang selalu bales bulian gak ada bosen-bosennya :”) 3 Kata yang menggambarkan RESTI adalah MOODY, GENEROUS and UNPREDICTABLE.


NOFI CAHYANI @cahyaniinovi

Nah! Udah saatnya menginjak profil member-member “dedengkot” hihihi. Entah sejak kapan doi dipanggil UNYIL, padahal dari namanya gak ada sama sekali unsur 5 huruf itu. Walaupun nama Unyil belum sah karena belum syukuran, tapi kayanya nama itu lebih popular daripada nama aslinya...NOFI. Dari postur tubuhnya, jelas doi paling imut-imut. Doi selalu tampil ceria dan selalu heboh loncat kesana kemari. Kamar kosnya jadi tempat favorit buat ngumpul, sekedar ngobrol; nobar film; belajar atau tidur siang. Kebiasaannya di kelas ngegambar di kertas di saat dosen ceramah, dengan tujuan: mengisi waktu luang. Hahaha. Doi juga ahli ngebully orang-orang teraniaya (baca: uya, tika dan aku) dan paling gesit ngeles kalau gantian dilempar bulian. Unyil, terimakasih atas kamar kos (kasur, bantal, spongebob dan patrick) yang setia menyambut kedatangan kita saat kita berkunjung, laptop dan speaker yang tak pernah letih menjadi sarana nonton film, ikan-ikan dan hamster yang selalu cicit-cuit di kamar ikutan ngobrol, jadi partner ngobrol dan ketawa gak jelas, ngegambar dan chattingan di kertas dan kegiatan apapun yang gak kalah absurd :”) 3 Kata yang menggambarkan UNYIL adalah FUNNY, CHEERFUL and ENTHUSIASTIC.


MARISATUL KIPTIYAH @ita_mk

Yuhuuuu....berlabuh juga di member terakhir, panggil doi ITA. Kita juga manggil doi: BUNDO. Doi udah kita anggep sebagai bundo kita saat di kampus. Bundo ini kembarannya Unyil. Sama-sama dari Wonososbo, di SMA satu kelas, dari semester awal satu kosan, hari dan tanggal lahir juga bareng :)) berarti harusnya Unyil kita panggil Bundo juga ya? Hahaha. Jelas kalo Bundo ini orangnya dewasa, gak grusah-grusuh, kalem, ketawanya aja merdu.. Sejak semester lalu sampai sekarang Bundo aktif di organisasi kerohanian di kampus. Tapi Bundo gak pernah keliatan sibuk dengan rutinitasnya dan justru mentingin (nglegakke: bahasa perancis) buat ngumpul sama kita. Bundo juga selalu hati-hati dan teliti dalam ngerjain tugas. Kebiasaannya Bundo di kelas itu gak rame sama kita, tapi justru diem.. diem banget sampe ketiduran di kelas. Hihihi. Bundo ini strong woman banget, soalnya kalo diliat doi jarang home-sick. Mungkin kesibukan di Jogja udah cukup untuk mengobati rasa rindu kampung halamannya. Bundo, terimakasih atas mukena dan kamar buat disulap jadi mushola temporary, netbook yang selalu setia jadi tempat transit film, selalu ngingetin sholat, selalu antusias nemenin makan di bu wid atau dimanapun, motokopiin sekalian dan sabar ngadepin tingkah laku kita... :”) 3 Kata yang menggambarkan BUNDO adalah  ADULT, CALM and SIMPLE.
Kepada mereka yang tak pernah bosan bertingkah bodoh denganku dan yang selalu sabar dengan berisiknya aku.. Kita memang dilahirkan dengan banyak perbedaan, sifat; karakter; kepribadian dan sudut pandang. Namun bukankah pelangi tak akan indah hanya dengan satu warna? ‘cause Friendship is one mind in nine bodies. *wink*

4 komentar:

  1. ainnn..aku baru baca postingan blogmu stlh aku iseng2 nyari namanku di gugel..hahahha

    BalasHapus
  2. ampuuunn aku terharu inn, kasusku sama kaya tika.
    I miss you pull :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. omgg dan aku baru bisa login lagi setelah sekian tahun itu, dan baru baca komenmu. love you unyill :*

      Hapus